Header Ads Widget

MENGENAL WILAYAH ASEAN KELAS 6 SD/MI !!!

Selamat datang di BLOG BERGAS MEDIA,Belajar Asik di Mana Saja dan Kapan Saja

Apa yang kamu ketahui tentang ASEAN ?
Mengapa ASEAN di Bentuk ?
Lambang ASEAN

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara.

ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Negara-negara anggota ASEAN, berdasarkan  tanggal menjadi anggota, adalah Indonesia (8 Agustus 1967); Malaysia (8 Agustus 1967); Singapura (8 Agustus 1967); Thailand (8 Agustus 1967); Filipina (8 Agustus 1967); Brunei Darussalam (8 Januari 1984); Vietnam (28 Juli 1995); Laos (23 Juli 1997); Myanmar (23 Juli 1997); Kamboja (30 April 1999).

MENGENAL WILAYAH ASEAN KELAS 6 SD/MI


Adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Hal tersebut mengemuka karena situasi di kawasan pada era 1960-an dihadapkan pada situasi rawan konflik, yaitu perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan yang apabila dibiarkan dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan.

Semboyan ASEAN
Semboyan ASEAN adalah "Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat" (One Vision, One Identity, One Community)

Makna bendera dan lambang ASEAN
Lambang ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis.

ASEAN KELAS 6 SD/MI

ambang ASEAN memiliki makna sebagai berikut:
  • katan rumpun padi melambangkan harapan para tokoh pendiri ASEAN agar asosiasi ini secara bersama-sama terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial.
  • Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.
  • Biru melambangkan perdamaian dan stabilitas.
  • Putih melambangkan kesucian.
  • Merah melambangkan semangat dan kedinamisan.
  • Kuning melambangkan kemakmuran.
Lagu kebangsaan ASEAN
Lagu Kebangsaan ASEAN (ASEAN Anthem) ialah "The ASEAN Way" yang diciptakan oleh Payom Valaiphatchra dan musiknya oleh Kittikhum Sodpraset dan Sampow Triudom. Ketiganya berkebangsaan Thailand. Lagu ini dipilih melalui kompetisi yang diikuti oleh peserta dari 10 negara anggota ASEAN tahun 2008.

di sarankan :
Blog Edukasi : ILMUWAN ASIK
Youtube edukasi : MOBIE DU

SEKARANG AKU TAU TERBENTUKNYA NEGARA-NEGARA ASEAN

Post a Comment

0 Comments